Peran Reticulocyte Hemoglobin Content (Ret-He) dalam Mendeteksi Defisiensi Besi pada Anak

Ika Maya Sandy, Murti Andriastuti

Sari


Latar belakang. Defiseinsi besi (DB) didefinisikan sebagai penurunan total kandungan besi dalam tubuh yang ditandai dengan turunnya kadar feritin atau saturasi transferin. Gangguan perkembangan neurokognitif yang timbul akibat DB bersifat permanen. Identifikasi adanya DB penting untuk memulai terapi besi untuk mencegah komplikasi jangka panjang.

Tujuan. Mengetahui peran Ret-He dalam mendeteksi DB pada anak dibandingkan dengan pemeriksaan biomarker penanda status besi lain (feritin, saturasi transferin, kadar besi serum, dan total iron binding capacity (TIBC)).

Metode. Penelusuran pustaka database elektronik, yaitu Pubmed, Cochrane, ProQuest dan Google scholar dengan kata kunci “iron deficiencyâ€, “AND†“reticulocyte hemoglobin  contentâ€, “AND†“childrenâ€.

Hasil. Penelusuran literatur diperoleh 4 artikel yang terpilih kemudian dilakukan telaah kritis. Studi oleh Mateos dkk, dengan level of evidence 1c, diperoleh nilai cut-off: ≤ 25 pg, memiliki sensitivitas tertinggi dibanding studi lainnya, yaitu 94% dan spesifisitas 80%, NDP 54%, NDN 97%. Studi lain menentukan nilai cut-off yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi nilai sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif dan negatif.

Kesimpulan. Berdasarkan penelitian ilmiah yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa Ret-He dapat digunakan sebagai parameter untuk mendeteksi DB pada anak.


Kata Kunci


reticulocyte Hemoglobin Content (Ret-He); defisiensi besi; anak

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.14238/sp20.5.2019.316-23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Informasi Editorial:
Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia
Jl. Salemba I No 5, Jakarta 10430, Indonesia
Phone/Fax: +62-21-3912577
Email: editorial [at] saripediatri.org

Lisensi Creative Commons
Sari Pediatri diterbitkan oleh Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.